home news guestbook contact
Selasa, 20 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Lantik Tujuh Kades, Bupati Minta Petugas Pemilu Amanah

Pengirim : andy candra
Tanggal : 14 September 2012, 10:28 pm


Pelaksanaan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2012 tinggal beberapa hari lagi. Bupati Ketapang, Drs Henrikus M.Si mengharapkan para kepala desa untuk netral dan tidak terlibat kampanye. Dalam kesempatan ia juga meminta penyelenggara pemilu jangan sampai manipulasi data.

"Hak orang harus kita lindungi," tegas Drs Henrikus M.Si,Bupati Ketapang disela-sela pelantikan tujuh kepala desa di Kecamatan Hulu Sungai, Kamis (13/9) siang.
Bupati Ketapang mengingatkan penyelenggara pemilu di semua tingkatan harus objektif. Petugas pemilu harus melaksanakan tugas dengan amanah. Utamakan pelaksanaan pemilu yanh aman dan damai. "Selain kunjungan kerja untuk melantik kepala desa, bersamaan juga pihak KPU Ketapang datang ke sini untuk nelakukan bimbingan teknis," ujar Henrikus.
Dalam pelantikan kepala desa, Bupati mengupas penjelasan Perda dan Peraturan pemerintah. Dimana, kepala desa dilarang menjadi pengurus partai politik, dan dilarang kampanye. Kades diharapkannya fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat.Dengan netral bukan berarti, ketika ditanya masyarakat tentang pemilu, kades yang netral jadi tidak ambil tahu sama sekali. Di warung kopi atau di rumah, tentunya bicara politik bukan bagian dari kampanye. Tetapi beri penjelasan yang tidak menyesatkan, sehingga membuat masyarakat lebih cerdas.
Terkait dengan kunjungan Bupati ke Hulu Sungai, Drs Henrikus M.Si mengingatkan jangan diartikan kampanye. Sebab, sampai bulan Agustus ada 38 kades yang harus dilantik. Pelantikan sebenarnya akan dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2012, namun pada bersamaan dengan Ramadan, kesibukan HUT RI dan Idul Fitri. Walaupun saat sekarang memasuki tahapan kampanye Pilgub, bukan berarti aktivitas pelayanan pemerintahan berhenti.karena itu terkait dengan pelantikan kades maka jika harus menunggu tahapan Pilgup berakhir, belum dapat dipastikan pilgub satu putaran. Jika ada putaran kedua atau malah ke MK, maka bisa menyebabkan beberapa persoalan seperti ADD tidak dicairkan. Sementara bulan anggaran berjalan tinggal beberapa waktu lagi. ADD sangat penting dalam menjalankan roda pelayanan pemerintahan tingkat desa.Karena itu, Pemkab tetap lakukan koordinasi dan minta arahan dengan Panwaslu sampai minggu tenang pun tetap dilakukan pelantikan kades.
Dari 12 desa di Hulu Sungai, maka ada 7 kades yang dilantik di Kecamatan Hulu Sungai diantaranya; Lorensius (Kades Sunge Bengaras), Fransiskus Yakin (Kepala Desa Riam Dadap), Marcos Gatot (kepala Desa Sekukun), Kiat (Kepala Desa Krio Hulu), Anselmus Toton (kepala desa Batu Lapis), Emanuel Bahari (Kepala Desa Kenyabur), Apheng (Kepala Desa Krio).
"Soal musik yang dibawa tidak ada kaitannya dengan kampanye, musik melekat dengan saya, musik tujuan untuk hiburan bersama, kades yang dilantik nanti malam juga harus ikut berjoget," ujarnya.
Pada malamnya, hiburan kembali digelar. Ribuan warga Menyumbung memadati lapangan menyaksikan hiburan. Pada kesemapatan itu, Bupati juga menyumbangkan lagu kesayangan, dan kades juga ikut bergoyang. Bupati kembali menegaskan hiburan dibatasi sampai pukul 22.00 Wib dan tidak menerima sumbangan lagu untuk menghindari hal-hal yang dapat diidentikkan dengan kampanye.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007