home news guestbook contact
Senin, 16 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Lantik Tiga Kades

Pengirim : andy candra
Tanggal : 27 August 2012, 7:00 pm


humas--Tiga Kepala desa kembali dilantik Bupati Ketapang, pada hari Sabtu (25/8) sore. Pelantikan kepala desa Harapan Baru, Mekar Sari dan Desa Sungai Besar dilaksanakan di kompleks Tranmigrasi, Sungai Sirih Desa Sungai Besar Kecamatan Matan Hilir Selatan. Selain melakukan pelantikan kepala desa, Bupati Ketapang juga melakukan peninjauan lokasi pertanian yang dilakukan transmigran di tempat tersebut.

Menurut Bupati Ketapang, pelantikan kepala desa dilakukan di kecamatan, tujuannya untuk memotivasi masyarakat dalam pembangunan, termasuk juga pelantian kepala desa di Desa Sungai Besar. Demikian juga denga desa-desa lainnya yag akan dilakukan pelantikan pada masa yang akan datang. Bupati Ketapang menegaskan pelantikan kepala desa ini dalam upaya pelayanan pemerintahan di desa, termasuk juga dalam pemberdayaan pembangunan pedesaan.
Terkait dengan adanya program transmigrasi di Desa Sungai Besar, dilakukan pada tahun 2011. Jumlah transmigran di tempat tersebut sebanyak 720 KK, baik yang datang dari Jawa Tengah, maupun Lampung. Program ini juga bersifat sharing dengan pemerintah pusat yaitu 50 persen daerah dan 50 persen pusat. Pola transmigrasi ini selain untuk pemerataan penyebaran penduduk juga dalam menunjang program pembangunan. Salah satunya pembangunan sektor pertanian.
Lebih lanjut Bupati Ketapang menyebutkan, dalam pembangunan sektor pertanian memang menjadi sektor andalan di Ketapang. Pemerintah daerah terus berusaha semaksimal mungkin dalam membangun ekonomi kesejahteraan dari bidang pertanian. Karena itulah melalui sektor pertanian pemerintah daerah berupaya mencipaakan petani berdasi.
Pola pembangunan sektor pertanian, pemerintah daerah terus membantu masyarakat melalui kelompok, baik bantuan hand traktor, bibit, pupuk dan lainnya. Bahkan, dalam upaya promosi, pertanian pemerintah daerah mengarahkan SKPD , termasuk camat maupun kepala desa memberi contoh nyata kepada masyarakat dalam membangun ketahanan pangan ini. Hal ini juga dilakukan Bupati ketapang dengan mengolah lahan untuk sawah dan agrobisnis di Desa Sungai Awan Kanan. “Masyarakat kita paling senang budaya meniru, karena itu harus kita arahkan dengan budaya yang positif,” kata Drs Henrikus M.Si.
Lebih lanjut ia menjelaskan dalam pembangunan ekonomi masyarakat, pada tahun ini Kabupaten Ketapang endapatkan penghargaan presiden untuk peningkatan produksi beras nasional diatas 5 persen. Untuk Ketapang mencapai, 16,8 persen . Ini sebuah langkah yang luar biasa dan akan terus ditingkatkan. “Ketahanan pangan cukup penting,” kata Henrikus.
Termasuk juga dengan adanya transmigrasi tersebut. Selain pemerataan pembangunan. Masuknya transmigrasi juga membuktikan Ketapang terbuka untuk hidup berdampingan dengan berbagai suku secara harmonis. Kselain itu juga diharapkan dapat mengolah lahan secara produktif di daerah ini. Dikatakan Bupati Ketapang, potesi lahan di daerah ini cukup luar biasa. Sementara penduduknya sangat terbatas. Karena itu, dengan masuknya transmigrasi yang hanya mendapatkan lahan 1 hektar di sungai sirih diharapkan mereka juga bisa memberikan transfer ilmu pertanian kepada masyarakat Ketapang bagaimana teknik mengolah lahan yang tepat. Pada akhinya bisa memberdayakan seluruh komponen masyarakat, untuk berperan aktif dalam pembangunan, terutama dibidang pertanian.
Secara terpisah kepala Badan Pemdes, PMD, Perempuan dan KB Ketapang, Muslimin S.Ip membenarkan dilakukan pelantikan tiga kepala desa di Desa Sungai Besar pada hari Sabtu (25/8). “dalam waktu dekat juga akan dilakukan pelantikan kades di Manismata,” kata Muslimin,mantan Kabag Humas Setda ketapang.
Sisi lain, Syahran, koordinator Humas TP PKK ketapang menegaskan disela-sela pelantikan kades di sungai besar Bupai dan ketua TP PKK ketapang juga meninjau lokasi transmigran. Salah satu sorotan yang penting di tempat ini adalah sektr pertanian. Ketua TP PKK Ny.Riniwati Henrikus mengharapkan seluruh komponen masyarakat bahu membahu membangun. Peran ibu rumah tangga sangat penting dalam menggerakkan potensi yang ada di masyarakat.**

Andy candra

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007