home news guestbook contact
Minggu, 18 November 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Sosialisasi PPSP di Tiga Kecamatan

Pengirim : andy candra
Tanggal : 16 July 2012, 11:37 am


Perubahan perilaku dari masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan juga air sehat untuk kehidupan mereka. Demikian juga peran serta seluruh komponen masyarakat, termasuk gender dalam membudayakan hidup bersih, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sehat. Hal ini terungkap dalam sosialisasi yang dilakukan Pokja sanitasi Kabupaten Ketapang di Kecamatan Sungai Laur, Sandai dan Nanga Tayap, sejak tanggal 10-14 Juli 2012.


Menurut, Utin Syamsiah, mewakili Kepala Badan BPM, PD,P dan KB Ketapang menerangkan bahwa kalangan gender punya peranan penting dalam pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga. Lebih lanjut ia memaparkan berbagai permasalahan dalam pembangunan sanitasi, salah satunya masih rendahnya kepedulian masayarakat akan sanitasi. Hal ini dapat dilihat dari perilaku mereka yang tidak sehat seperti, MCK di sungai, buang sampah sembarangan, lupa mencuci saat makan dan sebagainya.
Menurutnya, perempuan dalam keluarga dapat menjalankan peran terhadap pendidikan kesehatan terhadapa anak-anak.
“Peran perempuan dalam keluarga menjadi kunci pembangunan kesehatan dan juga sanitasi” kata Utin Syamsiah.
Hal yang sama juga disampaikan oleh Dinas Kesehatan. Karena itu, ia mengharapkan seluruh komponen masyarakat untuk berperan serta dalam pembangunan sanitasi sehingga dapat mewujudkan Indonesia Sehat.Salah satunya dipaparkan bagaimana dampak buang air besar secara sembarangan terhadap kesehatan masyarakat.
Sementara itu, Uti Ilmu Royen SH MH dari BMP, PD, P dan KB Kabupaten Ketapang menerangkan dalam pembangunan sanitasi peranan seluruh komponen masyarakat sangat penting. Demikian juga peranan aparatur pemerintah desa dalam memberi contoh kepada masyarakat. Pola hidup besih di masyarakat diharapkan terus dibudayakan.
“Mewujudkan masyarakat yang sehat, seluruh komponen memang harus dilibatkan, termasuk juga peranan informasi dan komunikasi public dalam program percepatan pembangunan sanitasi dan pemukiman, karena dalam pembangunan sanitasi ini kuncinya adalah bagaimana perubahan perilaku,” kata Suhaimi S.Sos, Kabag Humas Setda Ketapang.
Lebih lanjut ia menjelaskan adanya sosialisasi seperti ini dapat merubah kebiasaan masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat dan menciptakan lingkungan yang layak huni. Kebiasaan yang buruk menjadi lebih baik dan itu akan mengurangi resiko warga terjangkit penyakit.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007