home news guestbook contact
Sabtu, 16 November 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

KPU Pantau Kinerja PPDP

Pengirim : andy candra
Tanggal : 21 June 2012, 3:05 pm


KETAPANG – Upaya memperoleh data pemilih yang valid di lapangan, seluruh anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ketapang melakukan pemantauan kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di semua kecamatan. Kasubbag Teknis Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat Jabidi Erwan Kamis (21/6) kemarin mengatakan kegiatan pemantauan ini untuk melihat secara langsung apakah PPDP sudah menjalankan tugasnya dengan baik.


“Karena beberapa waktu lalu, saat komisioner memantau di Kecamatan Delta Pawan banyak mendapat keluhan dari PPDP. Bayangkan saja ada petugas dikejar menggunakan parang, diusir bahkan dikejar anjing,” ungkapnya.
Menurutnya, proses pemutakhiran data pemilih dan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan oleh PPDP sangat penting. Dikatakannya, monitoring PPDP di semua kecamatan ini dilakukan dalam tiga tahap.
“Pada minggu pertama pemantauan dilaksanakan di Kecamatan Delta Pawan. Sedangkan minggu kedua, dilakukan di kecamatan yang berada pada pesisir pantai dengan sasaran desa-desa, kemudian dilanjutkan di kecamatan di daerah pedalaman,” papar Jabidi.
Mantan staf Kelurahan Sampit ini mengatakan anggota KPU Ketapang bersama-sama anggota PPK akan turun langsung menanyakan kepada warga apakah sudah didatangi PPDP atau belum. Jelas dia, anggota KPU dan PPK akan melihat apakah rumah warga sudah ditempel stiker atau belum, inilah yang akan di cek ke lapangan.
“Walau PPDP telah diberikan bimbingan teknis untuk pelaksanaan coklit, namun KPU Ketapang tetap akan memantau kerja mereka. Selain itu, tujuan monitoring ini juga memberikan supervisi kepada PPDP jika menemui kendala di lapangan dalam pemutakhiran data pemilih ,” paparnya.
Jabidi menekankan kepada PPS untuk selalu memantau kinerja PPDP di lapangan. Dikatakannya, mengingat waktu pemutakhiran data pemilih ini akan berakhir pada tanggal 23 Juni.
“Sebab PPS punya peran yang sangat strategis dalam mengkoordinir kerja PPDP karena mengangkat petugas tersebut. Kami berharap sebelum waktu pemutakhiran data pemilih berakhir, PPDP telah menyelesaikan tugasnya mengingat di tingkat KPU Kabupaten Daftar Pemilih Sementara (DPS) ini akan diproses kembali untuk selanjutnya menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan diumumkan ke masyarakat,” pungkas Jabidi.***

liputan thoriq

staf KPU Ketapang

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007