home news guestbook contact
Rabu, 13 November 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Peringatan HKG PKK ke 40 tahun 2012

Pengirim : andy candra
Tanggal : 20 June 2012, 1:57 pm


Rumah anggrek TP PKK Ketapang, Rabu (20/6) diresmikan oleh Ny.Riniwati Henrikus, ketua TP PKK Ketapang didampingi Bupati Ketapang. Peresmian dilakukan disela-sela peringatan HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK ke 40 tahun 2012 yang ditandai dengan pengguntingan pita, sekaligus ditinjau Bupati Ketapang, Drs Henrikus M..Si didampingi SKPD di lingkungan Pemkab Ketapang.

Selain peresmian rumah anggrek, HKG PKK ke 40 ditandai juga dengan pemotongan tumpeng oleh ketua TP PKK Ketapang disampikan kepada sesepuh PKK Ketapang. Demikian juga penyerahan hasil lomba kesatuan gerak PKK-KB Kes Panitia kesatuan gerak PKK-KB-Kes Kabupaten. Juara pertama Kecamatan Muara Pawan, juara II Kecamatan Tumbang Titi.Juara III kecamatan Sandai.Sedangkan lomba lingkungan sehat/PHBS, terbaik I Desa Sungai Awan Kiri Kecamatan Muara Pawan, terbaik II Desa Sukabangun Dalam Kecamatan Delta Pawan, Terbaik III Desa Kinjil Pesisir Kecamatn Benua Kayong. Lomba Posyandu, terbaik I Posyandu Awan Maju Kecamatan Muara Pawan, Terbaik II Ponyandu Kinjil Pesisir Kecamatan Benua Kayong, Terbaik III Posyandu Putri Indah Desa Sukabangun Kecamatan Delta Pawan.
Demikian juga penghargaan Posyandu yang mendapatkan reward sebagai posyandu percontohan untuk Kecamatan Pesisir Pantai adalah Posyandu II Jalan RA.Kartini Kelurahan Kantor Kecamatan Delta Pawan. Penghargaan Posyandu yang mendapatkan Reward sebagai Posyandu percontohan untuk kecamatan pedalaman adalah Tunas Cempaka Desa Muara Jekak Kecamatan Sandai. Sedangkan pada stand pameran, juara pertama diperoleh stan PKK Pemahan, diikuti PKK Jelai Hulu, Simpang Hulu Tumbang Titi, Sandai dan Hulu Sungai.
Bupati Ketapang, Drs Henrikus M.Si dalam arahannya menyebutkan pada peringatan HKG ke 40 tahun 2012 ditekankan pada evaluasi organisasi disuaikan dengan kondisi daerah. Ia mengajak untuk mengevaluasi kinerja apakah sudah sesuai tujuan dan sasaran. Karena itu, perlu difahami apa tujuan dan sasaran dari sebuah organisasi. Tujuan PKK bukan lomba, tetapi bagaimana keluarga. Karena sasaran PKK adalah keluarga. “Sasaran kita adalah keluarga yang ada di desa dan kelurahan, tujuan PKK adalah keluarga sehat, sejahtera, mendidik anak yang baik. Apakah sudah tercapai itu, berhasil atua tidak, bagaimana kondisi keluarga apakah sudah berhasil. Itu yang harus difahami, untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera,” kata Drs Henrikus M.Si.
Ia mengharapkan seluruh program di jalankan dalam mencapai tujuan dan Sasaran PKK. Ia mempertegas apa yang disampaikan Presiden SBY pada acara HKG ke 39 tahun 2011. Dimana, ketika itu Presiden SBY mengatakan jangan remehkan PKK. Presiden juga mendukung 100 persen program PKK. PKK alau tidak digaji telah bekerja dengan professional dalam mendukung kesejahteraan keluarga. Sasaran PKK sebenarnya sama dengan pelayanan. Karena PKK tidak digaji, maka tergantung pada dewan penyantun sudah semestinya camat, lurah dan kepala desa menyisihkan bagaimana membiayai operasional PKK kecamatan dan desa.
Sementara itu, Ketua TP PKK Ketapang, Ny.Riniwati Henrikus membacakan sambutan ketua umum TP PKK Pusat, Ny.Hj.Vita Gamawan Fauzi SH mengharapkan Menteri, Gubernur, Bupati dan Walikota selaku ketua Dewan Penyantun tim Penggerak PKK berkenan memberkan bimbingan, bantuan dan fasilitasnya sehingga gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya meningkatkan dan mensejahterakan para keluarga menuju masyarakat maju dan mandiri guna mewujudkan hari esok yang lebih baik. Dalam arahannya dipertegas bahwa upaya meningkatkan kinerja para kader, perlu sentuhan kepedulian semua pihak agar para kader tetap eksis dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Diterangkan juga PKK sebagai wadah aktivitas social kemasyarakatan bagi keluarga, memiliki sejarah perjalanan yang panjang berpedoman pada makna sejarah sebagai kesatuan nilai hari kemarin yang patut dipedomani hari ini. Selama 40 tahun pelaksanaan gerakan PKK dalam mendukung proses pembangunan bangsa. Ternyata telah menunjukkan keberhasilan yang dapat mengakuan dan penghargaan dari lembaga-lembaga nasional maupun internasional. “Gerakan PKK telah diakui oleh kepala Negara sebagai gerakan dari dan oleh masyarakat sebagai mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan program-program pembangunan,” ucapnya.
Disisi lain, Wakil Ketua TP PKK Ketapang, Ny.Rachmiwati boyman Harun SH menguraikan sejarah panjang PKK yang bermula dari seminar home economic di Bogor pada tahun 1967 yang menghasilkan rumusan 10 segi kehidupan bangsa. **

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007