home news guestbook contact
Sabtu, 16 November 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Buka Ketapang Expo 2012

Pengirim : andy candra
Tanggal : 16 June 2012, 10:28 am


HUMAS--Dilaksanakannya pameran Ketapang Expo tahun 2012 diharapkan Bupati Ketapang dapat dimanfaatkan masyarakat luas sebagai hiburan dan pelayanan informasi. Harapan Drs Henrikus M.Si tersebut disampaikan ketika membuka pameran Ketapang Expo tahun 2012 di kompleks pendopo Bupati Ketapang, Kamis (15/6) malam. Pembukaan Ketapang Expo ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Ketapang didampingi Wakil Bupati Ketapang, Sekda Ketapang, dan jajaran Muspida Ketapang.

Setelah memukul gong tanda dibukanya pameran Ketapang Expo yang diikuti 54 peserta tersebut, selanjutnya Bupati Keetapang dan jajaran Muspida melakukan peninjauan ke seluruh stan. Sebelum dilakukan peninjauan, Ketua TP PKK Ketapang, Ny.Riniwati Henrikus didampingi Wakil Ketua TP PKK Ketapang, Ny.Rachmiwati Boyman Harun SH melakukan pengguntingan pita di stan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Ketapang, menandakan stan dapat dikunjungi. Untuk pameran Ketapang Expo 2012, Bupati Ketapang, Drs Henrikus M.Si memberikan apresiasi kepada panitia dan peserta pameran. Menurutnya selama ini sudah 4 kalikan Ketapang Expo, dimana dua kali pada masa dirinya menjadi Wakil Bupati Ketapang, dan dua kali pada masa menjabat Bupati Ketapang. Untuk pelaksanaan tahun 2012 ini dirasakannya yang terbaik dan terbagus. “Secara keseluruhan ini yang luar biasa, saya lihat ini yang bagus,” tegas Drs Henrikus M.Si, Bupati Ketapang.
Bupati Ketapang menegaskan untuk diberikan kesempatan kepada pedagang kaki lima berjualan, di lokasi pameran dan ditata sedemikian rupa sehingga tertib. Kesempatan ini diberikan agar pedagang kaki lima bisa meraup rezeki. Ia mengakui, kondisi lapangan saat ini memang terlihat masih sempit, namun untuk tahun-tahun mendatang lokasi diperluas. Lebih lanjut Drs Henrikus M.Si menegaskan setidaknya ada empat tujuan dari pameran Ketapang Expo. Pertama adalah Informasi. “Informasi apa saja disajikan disini, jadi manfaatkan sebaik mungkin,” katanya.
Kedua, adalah promosi. Bupati menerangkan dalam pameran ini juga memberikan promosi bagi UKM, bahkan investor. Kerena dia mempersilakan dimanfaatkan untuk kemajuan Ketapang. Ketiga adalah, pelayanan langsung. Pada lokasi pameran ada beberapa SKPD yang melakukan pelayanan langsung seperti Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Ketapang terkait pelayanan KTP, maupuakte kelahiran. Kantor pelayanan terpadu mengenai informasi pelayanan. Demikian juga LPSE. Menurut Bupati Ketapang, bahwa saat ini pelelangan elektronik di Ketapang sudaah mlebihi dari 40 persen. Harapannya kedepan seluruh pelelangan barang dan jasa menggunakan elektronik bisa mencapai 100 persen.
Demikian ada juga juga stan KPU Ketapang. Harapannya Bupati dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengecek nama sudah terdaftar di DPT atau belum. Karena dalam waktu yang tidak lama lagi akan diselenggarakan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur 2012. Begitu juga dengan BPBD. Dimana, dapat diketahui peta kerawanan bencana di Ketapang. Dengan demikian, masyarakat tidak lagi dibohongi ada gempa di ketapang. Sebab, secara lempengan tektonik tidak terdapat di Kalimantan. Ada juga pelayanan perbankan, koperasi dan lain-lain agar dapat dimanfaatkan.
“Saya imbau bagi peserta pameran, hendaknya menempatlan pelayannya yang memahami akan informasi, jangan hanya sekedar piket, tetapi begitu ditanya tetapi tidak tahu, hendaknya penjaga san dibekali terlebih dahulu dengan materi stand,” ucap Henrikus.
Tak kalah penting, Bupati juga meminta seluruh peserta dan pengujung untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama pameran berlangsung. Sementara itu, Ir.Hj.Nrwanti MM, ketua panitia pameran Ketapang Expo 2012 menegaskan ada sebanyak 54 peserta yang ambil bagian dalam pameran ini, diantaranya: sekretariat daerah, dinas/badan, kecamatan, kantor, perusahaan, PDAM, BUMN, PLN, PKK, KPU, organisasi dan lainnya, dimana biaya pembuatan stan untuk sewa tenda, dinding pembatas dan listrik dibebankan pada APBD pada bagian perekonomian setda Ketapang. Sedangkan biaya pembuatan stand dan deorasi menjadi tanggungjawab masing-masing peserta. Selain itu terdapat juga satu stan yang dibuat mandiri oleh Era Komputer bersama Wn Interior dan Telkom. “Ada juga penilaian untuk stand terbaik, materi stand, penjaga stand, dan juara umum,” ujar Nurwanti, ketua panitia panitia pameran Ketapang Expo 2012.
Dalam kesempatan itu, ia menyebutkan maksud dari pameran ini sebagai media informasi kepada masyarakat. Selain itu mengenal produk UKM, potensi daerah dan lain sebagainya sehingga dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya investasi di daerah ini. (**)

LIPUTAN, FOTO dan ANALiSA DATA OLEH:
ANDY CANDRA
BAGIAN HUMAS SETDA KETAPANG

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007