home news guestbook contact
Senin, 27 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Operasi Simpatik Tahun 2012

Pengirim : andy candra
Tanggal : 4 June 2012, 6:45 pm


Seluruh personil yang terlibat melaksanakan Operasi Simpatik 2012 diharapkan Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Drs. Pudji Hartanto, MM agar benar–benar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Selain itu prosedural, proposional dan profesional dan proporsional guna mencapai hasil yang diharapkan secara maksimal. Harapan Kepala Korps Lalu Lintas Polri tersebut disampaikan Kapolres Ketapang, AKBP I Wayan Sugiri SH, S.Ik, M.Si dalam acara gelar pasukan simpatik tahun 2012.

“Tujuan utama operasi simpatik adalah guna terwujudnya kamseltibcarlantas dengan melaksnakan pelayanan prima dengan anti KKN dan kekerasan dalam melaksnakan tugas operasi tersebut,” kata Kepala Korlantas Polri diwakili Kapolres Ketapang, AKBP I Wayan Sugi SH, S.Ik, M.Si, kemarin.

Dalam amanat Kepala Korlantas diterangkan permasalahan di bidang lalu lintas khususnya lalu lintas jalan raya semakin hari semakin berkembang. Hal ini seiring dengan berkembangnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi jumlah penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup, permasalahan di bidang lalu lintas tersebut pada akhirnya bermuara pada terjadinya gangguan, keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas. Seperti kecelakaan
lalu lintas, pelanggaran lalu lintas dan kemacetan lalu lintas.

Dampak dari permasalahan lalu lintas tentunya akan terasa baik secara langsung maupun tidak langsung pada kehidupan sosial masyarakat khususnya di bidang perekonomian. Karena itu di dalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas, dibutuhkan peran serta seluruh stake holder yang dirasakan saat ini kurang optimal di dalam pelaksanaan tupoksi masing-masing. Demikian pula koordinasi bersama instansi pemerintahan yang bertanggung jawab dalam pembinaan.

Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang saat ini juga masih dirasakan kurang optimal. Hal itu berdampak terhadap belum maksimalnya ketersediaan sarana dan prasarana lalu lintas jalan. Demikian juga regulasi angkutan umum serta rendahnya tingkat kesadaran dan disiplin masyarakat dalam mematuhi aturan ataupun ketentuan perundang – undangan lalu lintas.
Kepala Korlantas Polri diwakili Kapolres Ketapang menuturkan operasi Simpatik mengutamakan kegiatan preemtif, preventif, edukatif serta penindakan pelanggaran lalu lintas secara selektif prioritas terhadap pengemudi yang berpotensi menyebabkan laka lantas. Ia menyebutkan tujuan operasi simpatik 2012 adalah terciptanya situasi kamseltibcar lalu lintas yang aman, tertib, lancar dan selamat serta menurunnya laka lantas.Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas terutama bagi pengemudi kendaraan bermotor. Terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.

Demikian juga menurunnya kecelakaan lalu lintas dan korban laka lantas tang
berakibat fatal. Menurunnya tingkat kemacetan dan kesemerawutan lalu lintas. Termasuk juga sebagai cipta kondisi dalam rangka menjamin terciptanya kamseltibcar lantas menjelang hut bhayangkara ke 66 tahun 2012. Serta mensosialisasikan undang-undang ri No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.
Karena itu, guna mencapai yang optimal cara bertindak operasi simpatik 2012, personil diarahkan untuk melaksankan kegiatan penegakkan hukum lau lintas terhadap pelanggar lalu lintas. Khususnya terhadap kasus pelanggaran lalu lintas yang berpotensi terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas. Demikian juga melaksanakan kegiatan pendidikan lalu lintas meliputi pembinaan potensi masyarakat, penerangan dan penyuluhan lalu lintas di tempat peristirahatan maupun ditempat lain. Sebagai upaya meningkatkan kesadaran serta disiplin berlalu lintas bagi pengguna jalan. Melaksanakan kegiatan penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli lalu lintas di lokasi rawan pelanggran, kecelakaan dan kemacetan lalu lintas sebagai upaya memberikan rasa aman bagi pengguna jalan. Membangun opini yang positif terhadap citra polantas dengan ramah, sopan dan tegas dalam melaksanakan tugas sebgai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegakkan hukum yang profesional dan dipercaya masyarakat. Menggelar personil dan kendaraan bermotor di lapangan secara
optimal khususnya pada jam – jam sibuk atau padat arus lalu lintas dengan menggunakan seragam polantas yang terbaik sesuai dengan ketentuan. Melaksanakan komunikasi dialogis kepada masyarakat khusussnya pengguna jalan secara simpatik, lugas dan tanggung jawab melalui penampilan senyum, sapa, salam. Serta menuntaskan permasalahan kecelakaan lalu lintas sehingga tidak muncul komplainmasyarakat yang dapat menurunkan citra polantas, serta mengungkap kasus – kasus tabrak lari dengan memanfaatkan jaringan informasi lalu lintas yang ada dan pengolahan tkp secara baik dan benar.**

Liputan Syahran (reforter Renita FM)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007