home news guestbook contact
Senin, 20 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Sebanyak 88.907 Orang Terlibat Sukseskan Pilgub

Pengirim : A C
Tanggal : 3 May 2012, 12:46 pm


KETAPANG – Sebanyak 88.907 orang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2012. Hal ini disampaikan anggota Komisi Pemilihan Umum Kalbar Delfinus kemarin dalam memberikan bimbingan teknis kepada pemegang uang muka kegiatan dari Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.


“Jumlah penyelenggara sebanyak ini mulai dari anggota KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, PPK, PPS, KPPS dan PPDP. Berdasarkan anggaran pilgub dari total dana Rp.132 miliar, sebanyak Rp.68,68 miliar atau 51,72 prosen untuk honorarium penyelenggara,” ungkapnya di Aula Kantor Bupati Ketapang.
Ia menyebutkan sekarang tahapan persiapan sudah dilaksanakan mulai pembentukan PPK, PPS dan PPDP dan pendaftaran pemantau. Sebut dia, sekarang sedang memasuki tahapan pelaksanaan yakni pemutakhiran data dan daftar pemilih mulai 24 April sampai 1 Agustus 2012.
“Pemutakhiran data ini dilakukan sebelum Daftar Pemilih Sementara diumumkan kepada masyarakat. Sekarang KPU Kalbar berusaha memberikan kemudahan kepada masyarakat yang mempunyai hak pilih untuk melihat DPS secara online,” kata Delfinus.
Mantan anggota KPU Kota Singkawang ini menegaskan adanya DPS dapat dilihat secara online dalam menjamin masyarakat terdaftar sebagai pemilih. Dikatakannya, bila masyarakat tidak terdaftar di DPS dapat melapor ke PPS.
“Sebelum Daftar Pemilih Tetap diumumkan, data DPS masih bisa diperbaiki kesalahan nama atau tanggal lahir di PPS. Harapan kita dengan adanya DPS online, pemilik kepentingan suara dapat mengecek bersama-sama data pemilih tersebut,” tuturnya.
Delfinus mengatakan tahapan pencalonan yakni untuk perseorangan mulai 2-6 Mei 2012, selanjutnya diverifikasi 8-21 Mei 2012 oleh PPS. Kata dia, sebaran perseorangan harus tersebar di delapan kabupaten/kota, sementara untuk pencalonan melalui partai politik 5-11 Juni 2012 dan penetapan pasangan calon gubernur pada tanggal 4-6 Agustus 2012.
“Kalau hanya satu pasang maka pemilu gubernur dan wakil gubernur ditunda. Sedangkan kampanye dimulai 3-16 September 2012, masa tenang 17-19 September 2012 dan selanjutnya pemungutan 20 September 2012,” papar Delfinus.
Ia mengungkapkan rekapitulasi hasil pemungutan suara dilakukan pada 21-29 September dan selajutnya penetapan calon terpilih diperkirakan pada 27-29 September 2012. Jelas Delfinus, pilgub hanya satu putaran bila pasangan calon memperoleh suara lebih dari 30 persen.
“Pilgub putaran kedua akan dilakukan bila pasangan calon tidak satu satu pun yang memperoleh suara sah lebih dari 30 persen dari jumlah pemilih. Selanjutnya pemungutan suara putaran kedua dilakukan pada 8 November dan rekap dimulai 9-17 November dan penetapan hasil 15-17 November 2012,” paparnya. **


Ditulis oleh Thoriq SH
Staf Sekretariat KPU Kab.Ketapang
Alumni LPDS Jakarta

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007