home news guestbook contact
Kamis, 30 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Lomba UP2K se-Ketapang

Pengirim : andy candra
Tanggal : 30 April 2012, 5:40 pm


KETAPANG (Humas)– Karena dihadapkan kondisi ekonomi yang sulit, maka kita harus mampu membuat terobosan dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Dalam memotivasi terobosan masyarakat membangun ekonomi keluarga, Pokja II TP PKK Ketapang yang diketuai Utin Almanul Habasias S.Sos menggelar lomba UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) untuk TP PKK se-Ketapang. Karena menggunakan barang bekas dalam pengolahan produknya, akhirnya kelompok anggrek dari Kecamatan Pemahan berhasil mendapatkan piala khusus dari Ny.Riniwati Henrikus.

Selain mendapatkan piala khusus dari Ketua TP PKK Ketapang, kelompok anggrek Kecamatan Pamahan juha menjadi juara pertama dalam lomba UP2K, yang disusul olek kelompok Flamboyan Sandai, kelompok Dahlia Air Upas, dan Kelompok Anggrek Nanga Tayap. Ketua TP PKK Ketapang, Ny.Riniwati Henrikus mengatakan dewasa ini kita dihadapkan pada situasi kondisi ekonomi yang serba sulit. Menjawab tantangan tersebut, maka kita harus membuat terobosan-terobosan baru khususnya dalam meningkatkan pendapatan, yang mengarah pada home industri dengan skala keluarga atau kelompok usaha kecil.
Sebagai mitra pemerintah, TP PKK berupaya membantu Pemkab Ketapang dengan memotivasi melalui perlombaan usaha peningkatan pendapatan keluarga ini, bagi kelompok-kelompok UP2K yang berada di 20 kecamatan di Kabupaten Ketapang.“Saya memberikan apresiasi yang besar terhadap upaya dan usaha saudara,untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui ketrampilan yang dilakukan secara berkelompok ini,” kata Ny.Riniwati Henrikus.
Ia berharap melalui usaha yang telah dibangun dan rintis secara berkelompok dapat diaktualisasikan secara baik melalui perlombaan UP2K. Tentunya kegiatan ini akan dilirik oleh para pelaku bisnis. Untuk itu di kemudian hari kita harus meningkatkan usaha masing-masing secara maksimal dan berkesinambungan maka kedepan, kelompok-kelompok usaha UP2K PKK diharapkan dapat memperkokoh diri melalui pembentukan usaha koperasi.
Hal ini tentunya sesuai dengan visi dan misi Pemkab Ketapang. Menurut Ny.Riniwati Henrikus, bahwa UP2K Ketapang berpeluang untuk mengembangkan diri. Peluang itu bisa diwujudkan asal kita melaksanaan suatu usaha dengan serius terus menerus dan bukan bersifat insidentil saja.Ia menegaskan, keberhasilan suatu usaha, tentu dapat dicapai dengan keuletan dan kesabaran yang tinggi. Apabila hal tersebut dapat dilakukan, maka tak mustahil usaha secara berkelompok dapat menopang kehidupan keluarga.
Selanjutnya secara bertahap UP2K punya andil dalam mengurangi kemiskinan dengan menciptakan lapangan-lapangan kerja baru bagi kaum wanita. Apabila semua telah berjalan dengan baik, maka bukan mustahil pemerintah akan memberdayakan UP2K melalui program-program yang telah ada pada instansi terkait.
Sementara itu, humas TP PKK Ketapang, Syahran mengatakan bahwa ketua TP PKK Ketapang juga mengharapkan UP2K untuk terus berusaha dan berkarya sehingga dapat mewarnai daerah. Usaha dan karya tersebut tentu saja utuk pembangunan di desa, sehingga mendorong kemandirian kaum wanita. Pada akhirnya, hasilnya tentu menunjukkan bahwa gender di bidang ekonomi dapat berkembang di dalam keluarga, desa dan daerah Ketapang. ***

Andy Candra
Bagian Humas Setda Ketapang

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007