home news guestbook contact
Kamis, 30 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

SEGERA DIGELAR LOMBA SAMPAN TRADISIONAL

Pengirim : ANDY CANDRA
Tanggal : 5 April 2012, 10:53 am


Selain menggelar olahraga tradisional di Kecamatan Kendawangan pada 17-18 Maret 2012, rencananya olahraga tradisional kembali dilaksanakan pada 14 -15 April 2012. Kali ini, olahraga tradisional yang diagendakan adalah lomba sampan di Pantai Tanjung Batu, Kecamatan Matan Hilir Selatan. Selain itu, Pemkab Ketapang melalui Dinas Budparpora Ketapang juga akan melaksanakan olahraga tradisional menyumpit di Kota Ketapang.

“Olahraga tradisional lomba sampan ini kita (Dinas Budparpora Ketapang,red) bekerjasama dengan forum Pemuda Pesaguan Bersatu,” kata Yudo Sudarto, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang.
Lomba sampan ini merupakan upaya pembibitan dan pembinaan olahragawan berbakat. Apalagi, potensi dayung atau lomba sampan asal Kabupaten Ketapang ini sangat disegani oleh baik tingkat Provinsi Kalbar. Tak hanya di Kalbar, kemampuan atlet dayung asal Ketapang ini juga diketahui sampai tingkat internasional, khususnya kawasan Semenanjung Malaka. Demikian juga pada Porprop 2010, tim dayung Ketapang sebagai juara.”Begitu juga beberapa tahun yang lalu saat berlaga di Labuan Batu, Serawak, Malaysia, tim Dayung Ketapang juga sebagai juara,” tegas Yudo Sudarto.
Pembibitan dan pembinaan, maka event ini terus dilakukan. Tujuannya tidak hanya untuk pembinaan dan mencari atlit muda yang berbakat, tak kalah penting olahraga tradisional yang sudah dipertandingkan sampai tingkat nasional dan internasional ini terus lestari. Pentingnya mencari bibit olahraga tradisional ini, maka kegiatan seperti ini harus terus diperkenalkan ke masyarakat. Lebih lanjut, Kepala Dinas Budparpora Ketapang menegaskan peserta yang ingin ambil bagian dalam lomba sampan di Pantai Tanjung Batu dapat mendaftarkan ke Dinas budparpora Ketapang. Untuk memudahkan pendaftaran, panitia juga membentuk secretariat di Jalan Bandar Laut Pesaguan Kanan, Kecamatan Matan Hilir Selatan. Sebagai pembinaan, tentu saja pemenang yang nantinya menjadi juara akan diberikan uang pembinaan. Untuk diketahui peserta, dalam event ini tidak dipungut biaya pendaftaran. Harapannya dengan adanya event ini, selain memotivasi semangat olahraga, dampak langsung yang bisa dirasakan masyarakat adalah hiburan. Sisi lain adanya multiflier efek dalam bidang perekonomian, khususnya sector usaha kecil yang memanfaatkan momentum tersebut untuk berusaha.**

WRITTEN by ANDY CANDRA


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007