home news guestbook contact
Senin, 16 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Penghormatan Dua Ekor Naga di Kantor Bupati Ketapang

Pengirim : Andy C
Tanggal : 3 February 2012, 5:23 pm


Setelah ritual buka mata di Klenteng Tua Pekkong Jalan Merdeka, Jum’at (3/12) dua ekor Naga dan seekor Barongsai melakukan penghormatan di Kantor Bupati Ketapang yang terletak di Jalan Jenderal Sudiman. Mengikuti suara gendang, Naga dan barongsai beratraksi itu menjadi tontonan yang menghibur bagi warga, khususnya anak-anak. Sampai di Kantor Bupati Ketapang, dua ekor naga dan satu barongsai yang melakukan penghormatan itu diterima langsung Bupati Ketapang Drs Henrikus M.Si, di dampingi Wakil Bupati Ketapang, Boyman Harun SH, Sekda Ketapang, Drs H.Andi Djamiruddin M.Si serta pimpinan SKPD yang ada di Pemkab Ketapang.

Hadirnya dua ekor Naga dan Barongsai di halaman Kantor Bupati Ketapang sekitar pukul 09.30 WIB, sontak menjadikan Kantor Bupati Ketapang mendadak ramai. Tak hanya para karyawan Kantor Bupati Ketapang yang melihat atraksi naga dan Barongsai ketika melakukan penghormatan. Tetapi, sejumlah warga yang kebeulan lewat juga langsung berhenti dan menyaksikan hiburan tersebut. Tidak sedikit dintara warga tersebut yang langsung membawa anak-anak mereka.
Ketua panitia, Heng Sin Khiang melalui sekretaris panitia atraksi naga dan barongsai, Lai Bun Sui mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Ketapang dan SKPD Ketapang dalam upaya melestarikan seni budaya, khususnya dalam perayaan Imlek dan Cap Goh Meh di Kabupaten Ketapang. Tidak lupa ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh komponen masyarakat Ketapang dalam mensukseskan kegiatan atraksi naga dan barongsai. Semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Ketapang ini tentunya diharapkan daerah ini akan semakin maju dan selalu kondusif.
Sementara itu, Bupati Ketapang Drs Henrikus M.Si didampingi Wakil Bupati Ketapang, Boyman Harun SH dan Sekda Ketapang, Drs H.Andi Djamiruddin M.Si mengucapkan selamat Hari Raya Imlek dan Cap Goh Meh. Ia juga mengucapkan terima kasih, karena Kantor Bupati Ketapang mendapat kesempatan pertama dikunjungi Naga dan Barongsai setelah Buka Mata. Perayaan Imlek 2563/2012 dikatakan Bupati Ketapang, semoga tahun naga air ini, kita semua diberikan limpahan rahmat, damai, sejahtera dan kesehatan.
“Nampaknya cuaca hari ini sejalan dengan tahun Naga air, jadi siap-siap saja pemain naga dan barongsai akan berlimpah dengan air, tapi saya kira itu tidak menjadi masalah, karena naganya dibuat dengan bahan yang tahan air,” kata Drs Henrikus M.Si, Bupati Ketapang.
Setelah buka mata, maka atraksi naga akan berlanjut sampai perayaan Cap Goh Meh. Biasanya naga akan melakukan kunjungan ke kediaman pribadi Drs Henrikus M.Si. Namun, untuk tahun ini, hendaknya kunjungan naga dilakukan ke pendopo Bupati Ketapang. Begitu juga dengan sudah difungsikannya rumah dinas Wakil Bupati Ketapang. “Jadi silakan nanti berkunjungnya ke rumah wakil Bupati, jadi Pak wakil siap-siap saja dengan jeruknya berapa jumlah pemainnya, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang berterima kasih atas kebersamaan ini, untuk tahun ini akan ditutup dengan pawai lampion dan pawai lampion nanti akan dilepas di pendopo Bupati,” ucap Drs Henrikus M.Si,
Bupati Ketapang menuturkan bahwa ia tidak perlu berulang-ulang mengingatkan dalam pawai lampion yang nanti dilaksanakan. Selama keliling Kota Ketapang, hendaknya tertib di jalan raya. Sesuai ketentuan yang sudah diatur terutama oleh Polisi Lalu Lintas, sesuai rute-rutenya. Karena hiburan ini hiburan menarik, tentunya jalan raya akan dipadati warga.
Selanjutnya, Bupati Ketapang menuturkan bahwa untuk hari ke 20 Imlek akan dilaksanakan Imlek bersama dan dilaksanakan hiburan di pentas budaya pendopo Bupati Ketapang. Kegiatan ini akan dijadikan ramai, karena akan dihibur oleh Rani, artis ibukota, pelawak serta atraksi Barongsai dari yayasan Bhakti Suci Pontianak. Drs Henrikus M.Si menyebutkan, pihak panitia juga sedang mengusahakan mendatangkan Barongsai yang menjadi juara pertama di Jakarta pada tahun 2009. Sampai saat ini pihak panitia sedang berusaha mendatangkan tiang-tiang sebagai pijakan atraksi barongsai. Jika persoalan tiang besi dapat diatasi maka atraksi tersebut dapat disaksikan bersama. Namun jika kndala mendatangkan tiang besi pakai kapal belum dapat diatasi, maka diusahakan untuk dapat didatangkan pada tahun depan. Terkait dengan kegiatan atraksi barongsai di Pontianak, Bupati Ketapang meminta barongsai Ketapang ambil bagian dan segera mematangkan persiapan. Ia menilai keikutsertaan Ketapang pada event di Pontianak perlu, dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan, dalam konteks melestarikan seni budaya. Demikian membawa nama baik Ketapang.“Ini sesui dengan motto kami melayani dn adil, kita berdoa bersama semoga Ketapang selalu maju dan sejahtera,” tuntasnya. ***

=============www.humas.ketapang.go.id================

Written: Andy C
Bagian Humas Setda Ketapang


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007