home news guestbook contact
Senin, 16 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Sekda Jadi Inspektur Upacara HUT Pemda ke 55 Pemprop Kalbar

Pengirim : andy c
Tanggal : 30 January 2012, 3:10 pm


Pelaksanaan Pemilukada 2012 untuk memeilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar menjadi sorotan dalam upacara HUT pemerintah daerah ke 55 Propinsi Kalbar. Menurut Menteri Dalam Negeri RI, Gamawan Fauzi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Ketapang, Drs H.Andi Djamiruddin M.Si bahwa bercermin dari Pemilukada sebelumnya besar harapan penyelenggaraan Pemilukada lebih baik di segala aspek.

“Pemilukada yang dialokasikan sampai Rp 150 milyar dari APBD Kalbar tahun 2012, maka sejatinya harus dipergunakan se-efektif dan se-efisien mungkin dalam rangka menunjang suksesnya Pemilukada,” kata Menteri Dalam Negeri RI, Gamawan Fauzi yang sambutan tertulisnya dibacakan Drs H.Andi Djamiruddin M.Si, Sekretaris Kabupaten Ketapang, Senin (30/1).
Supaya pelaksanaan Pemilukada sukses, maka Mendagri mengimbau berpesan agar penyiapan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), yang dilakukan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil, Pemprop Kalbar harus selalu mengacu, pada kaidah validitas data. Karena validitas DP4, merupakan bagian yang integral dari validitas Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang nantinya ditetapkan oleh KPU. Mendagri melalui Sekda mengharapkab senantiasa berkoordinasi dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, khususnya aparat keamanan di dalam rangka cipta kondisi daerah yang kondusif dan stabil.
Begitu juga mengikat secara geografis. Peopinsi Kalbar memiliki cakupan wilayah yang sangat luas, dengan kultur medan yang bervariasi. Maka dukungan personil, untuk bantuan pengamanan di tiap-tiap TPS, harus sudah dipersiapkan sejak dini, dengan melatih satuan linmas.”Meskipun pemilukada menjadi hajat besar tahun ini, namun agenda pembangunan harus terus berlangsung dan penyediaan pelayanan publik dapat senantiasa berjalan dalam intensitas yang oftimal,” katanya berharap.
Mendagri juga mengimbau Gubernur dan Wakil Gubernur, para bupati/Walikota, DPRD, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun seluruh pemangku kepentingan untuk mensukseskan pemilukada tahun 2012 ini. Dimana, hal itru dilakukan dalam satu nuansa mereflesikan tingkat kedewasaan politik yang tinggi. Segenap golongan diajaknya untuk menyalakan semangat laksana api yang tak kunjung padam. Begitu juga menjunjung tinggi kejujuran, keadilan, transparansi dan kedewasaan berpolitik, didalam rangka menciptakan pemilukada yang berkualitas, demi terwujudnya masyarakat Kalbar yang aman, damai dan sejahtera.
Sebelumnya, Mendagri mengingatkan bahwa HUT Pemda ke 55 propinsi Kalbar bukanlah suatu prosesi seremonial semata yang dilakukan dari tahun ke tahun. Melainkan harus selalu ditempatkan sebagai energi positif, yang mampu mendorong ke arah yang lebih baik dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan di Kalimantan Barat.
Peringatan HUT Pemerintah daerah ke 55 Propinsi Kalbar yang mengangkat tema “Dengan Semangat Hari Ulang Tahun Pemerintah Daerah ke – 55 Propinsi Kalbar tahun 2012, Kita Sukseskan Pemilukada 2012, Dengan Menjunjung Tinggi Keadilan, Kejujuran Dan Transparansi, Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Kalimantan Barat Yang Aman, Damai Dan Sejahtera”, terkandung makna yang dalam serta memiliki pesan yang sangat luas. Menurut Mendagri sangat relevan dengan permasalahan kontemporer saat ini. Dimana, dimana Pemilukada sebagai satu sarana penerapan demokrasi. Dimana, dalam Pemilukada sebagai satu sarana penerapan demokrasi di dalam penyelenggaraan otonomi daerah, justru acap kali berujung, pada munculnya ekskalasi konfliktual di daerah. Demikian juga terfragmentasinya kekuatan sosial kemasyarakatan sampai kepada perpecahan di tubuh birokrasi pemerintahan.
Sekretaris daerah Kabupaten Ketapang mengatakan ini menjadi pembelajaran bagi bangsa dan Provinsi Kalbar. Ditegaskan bahwa daerah ini harus mampu menjadi pengecualian terhadap akses-akses negatif, dari pemilukada. Tetapi Kalbar mesti menempatkan diri di jajaran Provinsi yang mampu mensukseskan penyelenggaraan Pemilikada yang bersendikan pada prinsip-prinsip demokrasi, sebagaimana dengan tugas, telah menjadi semangat hari ulang tahun ke-55 yang pada hari ini bersama-sama kita peringati.
Selain upacara peringatan HUT Pemerintah daerah ke 55 Propinsi Kalbar, Sekretaris daerah Ketapang, menyerahkan paiagam penghargaan Satyalencana Karya A atas pengabdian, kesetiaan, kejujuran, kecakapan, dan kediplinan Pegawai Negeri Sipil. PNS yang mendapat penghargaan itu diantaranya Makhyus Efendi, S.PKP, Mislia, dan Muhamad Tafsir. Selain itu diserahkan hasil lomba sekolah sehat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/MA tingkat Kabupaten Ketapang sesuai Keputusan Bupati Ketapang, nomor 27/KESRA-A/2012, tanggal 20 Januari 2012. Untuk Tingkat TK/RA juara pertama didapatkan oleh TK Negeri Pembina, Jalan Ketapang-Sidfuk, Desa Kuala Tolak. Juara kedua TK PGRI Karya Nilam, Desa Payak Kumang, juara ketiga TK Al-Irsyad Al Islamiah Kelurahn Tuan-Tuan, dan juara keempat TK Rahadi usman, Desa Sungai Besar. Untuk Tingkat SD/MI, juara pertama adalah SDN 06 Desa Kuala Tolak, juara kedua, SDS Pl Santo Yosep , juara ketiga SDN 07 Pesaguan Kanan, dan juara keempat SDN 04 Kelurahan Kauman. Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs, diantaranya: juara pertama SMP Santo Augustinus, juara kedua SMPN 2 Ketapang, juara ketiga SMPN 01 MHS Pesaguan Kanan, dan juara keempat SMPN 2 MHU. Ada pun tingkat SMA/MA/SMK, juara pertama SMAN 2 Kelurahan Kauman, juara kedua SMAN 1 MHS, juara ketiga SMKN 2 Ketapang, dan juara keempat adalah SMAN 1 MHU. **
==========www.humas.ketapang.go.id=================

writen by Andy C
Bagian Humas Setda Ketapang

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007