home news guestbook contact
Senin, 16 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Sekilas Akhir Tahun 2011: "Berupaya Mewujudkan Masyarakat Yang sejahtera"

Pengirim : andy candra
Tanggal : 18 January 2012, 6:29 pm


Kepemimpinan Drs Henrikus M.Si & Boyman Harun SH Periode 2010-2015 *Melayani Dengan Adil, Berupaya Mewujudkan Masyarakat Ketapang Sejahtera

“TERWUJUDNYA Kabupaten Ketapang Yang Aman, Damai, Adil dan Sejahtera, Didukung Masyarakat Yang Cerdas, Sehat dan Beriman, Serta Aparatur Pemerintah Daerah Yang Bersih dan Berwibawa”, merupakan Visi Bupati Ketapang dan Wakil Bupati Ketapang 2010-2015. Visi ini menjadi acuan pelaksanaan pembangunan untuk melayani masyarakat secara adil di 20 Kecamatan. Mengimplementasikan visi di Kabupaten Ketapang yang mempunyai luas 31.588 km2 dengan penduduknya lebih kurang 427 ribu jiwa, kebijakan dituangkan dalam enam misi pembangunan daerah, diantaranya: Mewujudkan Kabupaten Ketapang yang Aman dan Damai. Membangun dan meningkatkan kualitas prasarana transportasi strategis, jalan Produksi pertanian, irigasi persawahan, serta infrastruktur lainnya dengan memperhatikan skala prioritas dan berkeadilan. Mewujudkan pembangunan perekonomian masyarakat Kabupaten Ketapang yang berbasis Agraris, Perikanan dan Kelautan, Peternakan dan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi. Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Ketapang Yang Cerdas, Sehat dan Beriman. Mewujudkan Aparatur Pemerintah Daerah yang profesional, bersih dan berwibawa, Meningkatkan Kelestarian Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana. Dan, meningkatkan Pendapatan Daerah.
Sejak tahun 2011, berbagai upaya mensejahterakan masyarakat dapat dilihat dari semakin meningkatnya pendapatan daerah, dari tahun 2010 sampai tahun 2012 yang tergambar dalam APBD. Pada tahun 2010 sebesar Rp 867,777 milyard, tahun 2011 sebesar Rp 980, 077 milyard dan tahun 2012 pendapatan sebesar Rp 1.042 trilyun. (lihat grafik). Salah satu program mensejahterakan rakyat adalah pemberdayaan seperti pertanian, perikanan, infrastruktur, usaha kecil menengah dan koperasi terus dimotivasi. Dalam kebijakan ketahanan pangan, Bupati Ketapang mengharapkan petani bisa sejahtera dan menjadi petani berdasi.
Terobosan menjadi masyarakat bisa mandiri dan sejahtera, maka pemerintahan Drs Henrikus M.Si dan Boyman Harun SH, sejak tahun 2011 menggulirkan bantuan langsung, seperti Benih Padi Non Hibrida sebanyak 250 ton, Benih Padi Lahan Kering sebanyak 51,22 Ton, Padi Hibrida 15,62 ton, Pupuk NPK, 71,25 Ton, Padi Sawah 8,74 ton, Padi Gogo 3,7 ton, Handtracktor 181 unit, Power Thresher 19 unit, RMU (Penggiling Padi) 8 unit. Demikian juga Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) dari 12 Gapoktan menjadi 15 Gapoktan pada tahun 2011. Pemberdayaan sektor peternakan dibina dengan menggulirkan bantuan kepada masyarakat, dan ini terus mengalami peningkatan signifikan (lihat Tabel).
Sektor perikanan dan kelautan diberdayakan dengan bantuan pembuatan kolam, bibit ikan, alat tangkap dan lain-lain. Pada mas apemerintahan Drs Henrikus M.Si dan Boyman Harun SH juga berupaya memotivasi usaha kecil. Digulirkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sejak akhir tahun 2010 sampai tahun 2011, maka sebanyak 5691 usaha kecil memanfaatkan KUR yang disalurkan Perbankan. Begitu juga pada sub sektor koperasi yang terus meningkat sehingga pada tahun 2011 sudah terdapat 383 koperasi di Ketapang, dengan total anggota sebanyak 62.593 orang.
Motivasi masyarakat untuk mengembangkan kebun karet juga menjadi perhatian serius pemerintahan Drs Henrikus M.Si dan Boyman Harun SH. Bibit karet unggul dibantu kepada kelompok masyarakat. Termasuk juga bantuan bibit gaharu, sengon, dan lain-lain, sehingga Ketapang berperan aktif dalam program one man one tree atau gerakan menanam satu milyard pohon dalam mengatasi pemanasan global. Aspirasi masyarakat terhadap pembangunan infrastruktur tetap menjadi skala prioritas. Selain membenahi jalan dengan bantuan CSR perusahaan, pada tahun 2011 dilakukan berbagai terobosan, misalnya perbaikan jalan secara permanen menggunakan dana APBN seperti pembangunan jalan Sungai Pelang-Batu Tajam. Mengatasi krisis kelistrikan, mas akepemimpinan Drs Henrikus M.Si dan Boyman Harun SH, maka pada tahun 2011 dibebaskan lahan untuk pembangunan PLTU . Begitu juga rencana pelabuhan Kuala Tolak, pemindahan bandara Rahadi Oesman dan lain-lain terus diupayakan dengan tujuan melayani masyarakat secara adil.
Pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan sejak tahun 2011 terus mengalami peningkatan. Salah satunya, bidang pendidikan pemerintah daerah berupaya menambah jumlah guru baik melalui penerimaan CPNS maupun tenaga kontrak. Pembangunan sarana fisik juga bertambah secara signifikan. Misalnya sekolah TK pada tahun 2010 sebanyak 46 menjadi 110 unit. Sekolah Dasar, pada tahun 2010 sebanyak 476 menjadi 516 unit. SMP dari 117 menjadi 120 unit. Sedangkan SMA/SMK dan Perguruan tinggi masih tetap yaitu masing-masing, SMA/SMK 33 unit dan PT adalah 4. Pembangunan dibidang lainnya, seperti Keluarga berencana, dan lain sebagainya terus ditingkatkan. Untuk KB, pada tahun 2010 Total Peserta Aktif sebanyak 55.072, pada tahun 2011 mengalami peningkatan menjadi 58.871 peserta aktif.Program ini dilakukan melalui kegiatan TNI KB Terpadu, Bhakti Sosial KB Polri, Kesatuan Gerak PKK KB Kes. Berbagai program pelayanan masa pemerintahan Drs Henrikus M.Si dan Boyman Harun SH Periode 2010-2015 tujuannya adalah melayani masyarakat secara adil sehingga terwujud masyarakat sejahtera.***
-------------

ANDY CANDRA SE
BAGIAN HUMAS SETDA KETAPANG

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007