home news guestbook contact
Senin, 16 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Meriahkan Imlek dan Cap Goh Meh digelar Pawai Lampion, Malam Kesenian dan Imlek Bersama

Pengirim : andy candra
Tanggal : 18 January 2012, 3:20 pm


humas--Pawai lampion, dan atraksi Barongsai akan memeriahkan perayaan Imlek dan Cap Goh Meh tahun 2012 di Kabupaten Ketapang. Kegiatan seni dan budaya yang rencananya dipusatkan di pentas budaya pendopo Ketapang, juga akan diramaikan dengan eksebishi barongsai dari Kota Pontianak atau Kota Singkawang.

“Tujuaanya untuk mempererat silaturahmi bersama warga Ketapang,” kata Bupati Ketapang, Drs Henrikus M.Si dalam rapat di Pendopo Bupati Ketapang, Selasa (17/1) malam.
Sementara itu, Kabag Humas Setda Ketapang, Suhaimi S.Sos menerangkan rapat yang dilakukan di pendopo pukul 20.00 sampai selesai tersebut dihadiri seluruh pemuka masyarakat etnis Tionghoa. Sesuai dengan visi dan misi Bupati Ketapang yang melayani masyarakat dengan adil, maka Bupati Ketapang mendukung kegiatan seni budaya memeriahkan Imlek dan Cap Goh Meh. Oleh karena itulah, setelah diresmikan pada malam pergantian tahun 2012, pentas budaya pendopo Ketapang setiap bulannya diagendakan kegiatan seni dan budaya berbagai etnis. Semua etnis yang ada di Ketapang dapat memanfaatkan pentas budaya pendopo, baik etnis Melayu, Dayak, Tionghoa, Madura, dan lain-lain dalam mementaskan seni budayanya. Demikian juga dengan perayaan Imlek dan Cap Goh Meh 2012, maka Pemkab Ketapang mendukung atraksi seni dan budaya Tionghoa di Ketapang.
Supaya kegiatan pawai lampion dan atraksi barongsai tertib dan teratur, maka Pemkab Ketapang mengharapkan kegiatan tersebut dapat dikoordinir dengan baik. Menurut Kabag Humas Setda Ketapang, dengan dibentuk panitia bersama tak hanya mempererat silaturahmi bersama seluruh lapisan masyarakat. tetapi juga dapat mengantisipasi, terjadinya atraksi barongsai yang tidak dikoordinir.
“Selain kegiatan tahun 2012 ini, maka kedepan akan diadakan lomba barongsasi memperebutkan piala Bupati Ketapang, yang ada diundang adalah para pemain Barongsai se-Kalbar, dimana salah satu tujuannya adalah meningkatkan pariwisata, khususnya seni dan budaya di Kabupaten Ketapang,” tegas Suhaimi S.Sos, Kabag Humas Setda Ketapang.
Secara terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang, Yudo Sudarto, M.Si membenarkan dilakukannya pawai lampion, atraksi naga dan barongsai meriahkan perayaan Imlek dan Cap Goh Meh 2012 di Ketapang. Pawai lampion sudah rutin dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Karena itu, diharapkan bagaimana kegiatan seni dan budaya ini dapat menjadikan Ketapang lebih bergairah lagi.Kegiatan memeriahkan perayaan Imlek dan Cap Goh Meh diterangkan Yudo Sudarto akan berdampak pada sector ekonomi. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Tak hanya mendukung kegiatan kepariwisataan di Ketapang, tetapi dengan kegiatan ini menunjukan solidaritas yang tinggi berbagai etnis yang ada di Kabupaten Ketapang. “Kita berharap partisipasi dari paguyupan, perhimpunan, kelompok seni budaya multi etnis lainnya dapat ikut berpartisipasi dalam memeriahkan pawai lampion, atraksi naga, barongsai dan kegiatan seni budaya di pendopo Ketapang sehingga merekat persatuan dan kesatuan,” ujarnya.
Tokoh masyarakat etnis Tionghoa Ketapang, Yasa Nagari membenarkan rencana festival lampion Cap Goh Meh serta atraksi barongsai di Ketapang. Mereka sangat berterima kasih kepada Pemkab Ketapang yang mendukung kegiatan festival lampion dan atraksi barongsai dan imlek bersama. Dukungan penuh dari Bupati Ketapang tentunya akan berdampak positip dalam pembangunan makro ekonomi Ketapang. Apalagi rencana kegiatan malam hiburan dan Imlek bersama di pentas pendopo Bupati Ketapang tersebut juga memperbolehkan UKM ambil bagian untuk berdagang.Dimana, pedagag akan disediakan tempat khusus. Dengan berbagai event di Ketapang diharapkan masyarakat Ketapang selalu dalam kebersamaan sehingga berperan aktif membangun daerah. Ketapang juga akan ramai dikunjungi dari berbagai daerah. ”Selain pawai lampion, malam kesenian berkaitan dengan Imlek, Bupati Ketapang juga mengharapkan saat tampil di pendopo Bupati Ketapang menampilkan seni budaya etnis lain sehingga benar-benar meriah sesuai dengan kondisi Ketapang yang kondusif selama ini,” tegas Yasa Nagari.***
---------------www.humas.ketapang.go.id------------


Andy Candra SE
Bagian Humas SETDA Ketapang

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007