home news guestbook contact
Senin, 20 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pengirim : Andy C
Tanggal : 13 January 2012, 9:41 am


BERKEMBANGNYA sektor perkebunan di Ketapang membuat Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Ketapang Lukas Lawun berharap agar pembangunan perkebunan di Ketapang dapat membawa kemakmuran bagi masyarakat Ketapang. Lukas menjelaskan bahwa pembangunan perkebunan tidak hanya dilaksanakan melalui perkebunan besar, namun yang lebih utama yaitu perkebunan rakyat yang meliputi 127 komuditi jenis tanaman. Sebut saja tanaman tahunan dan tanaman semusim dengan areal sebaran, mulai dataran rendah hingga dataran tinggi.

“Ditinjau dari aspek produksi, hasil produksi perkebunan merupakan bahan baku industri, baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor,” katanya.Ia menginginkan berkembangnya sektor perkebunan di Ketapang dapat membuat terbukanya lapangan kerja, sehingga dapat meningkatan pendapatan masyarakat, serta meningkatkan devisa negara.“Sampai dengan tahun 2011, pertumbuhan sektor perkebunan di Ketapang cukup mengembirakan, khususnya komuditi kelapa dalam, karet, kakao, dan kelapa sawit,” ungkapnya.

Hingga tahun 2011, ia merincikan komuditi karet dengan luas kebun rakyat mencapai sekitar 30 ribu hektar. Sementara komuditi kelapa dalam mencapai sekitar 5 ribu hektar, kakao mencapai 140 hektar, dan komuditi kelapa sawit mencapai 262 ribu hektar. “Saat ini perkembangan produksi karet perhektar memang masih rendah, karena belum seluruh kebun rakyat, khususnya karet menggunakan bibit unggul,”jelasnya. Akibatnya, lanjut dia, saat ini produksi rata-rata kebun karet hanya mencapai sekitar 900 kilogram perhektar pertahun. Sedangkan untuk komuditi kelapa sawit produksinya mencapai sekitar 18 ton perhektar, pertahun.***
=============================
sumber: www.pontianakpost.com
Kamis, 12 Januari 2012 , 15:01:00

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007