home news guestbook contact
Sabtu, 15 Desember 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pokja Sanitasi Ketapang Lakukan Pelatihan Study EHRA

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 27 October 2011, 4:31 pm


Menuntaskan penyusunan buku putih sabutasi (BPS) Kabupaten Ketapang, maka studi EHRA (Environmental Health Risk Assesment) sangat penting peranannya. Karena itulah, Pokja sanitasi Kabupaten Ketapang melakukan pelatihan study EHRA kepada 90 orang perwakilan dari wilayah study EHRA yang telah ditentukan. Pelatihan tersebut dibuka S.Sapto Pranayatmo B.Sc, Pjw (pejabat yang mewakili) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang.


Ia mengharapkan melalui pelatihan study EHRA dapat melakukan kegiatan menghimpun data dari berbagai sumber sehingga akan mempermudah bagi pokja sanitasi dalam menentukan area sanitasi yang berisiko sebagai bagian dari penyusunan BPS. Dimana, pelaksana studi EHRA akan dikoordinir tim Pokja sanitasi Kabupaten Ketapang yang dikoordinir oleh Dinas Kesehatan dengan didukung perwakilan PKK,tokoh perempuan, kader kesehatan,kader Posyandu dan masyarakat.
Materi pelatihan disampaikan tenaga ahli statistik program PPSP dari Bappenas RI. Selain itu juga didampingi ketua panitia pelatihan study EHRA, Ismail SKM, M.Kes, yang merupakan Kasi P3PL Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang bersama konsultan Kabupaten program PPSP. Penjelasan satu persatu materi pertanyaan dalam study EHRA disampaikan secara langsung Purwanto Widodo tenaga ahli statistik program PPSP dari Bappenas RI. Selain penjelasan materi secara panjang lebar memahami kuesioner, dilakukan juga simulasi pengisian kuesioner EHRA. Demikian juga dengan penjelasan study komunikasi.
Menurut Ismail SKM, M.Kes, Kasi PP3L Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang pelatihan tersebut dimaksudkan agar tercapai pemahaman mengenai study EHRA pada peserta pelatihan sehingga mampu menyusun data empiris sebagai bahan penimana, pada akhir pelatihan diharapkan peserta dapat menjelaskan tujuan, manfaat, metode sampling dan langkah-langkah study EHRA. Demikian juga mampu menyusun data empiris study EHRA. “Dengan demikian, Pokja Kabupaten mampu membuat analisa dan pelaporan pelaksanaan study EHRA di wilayahnya, serta mampu menintegrasikan hasil study EHRA dalam buku putih sanitasi dan SSK,” terang ismail S.KM, M.Kes.
Pemerintah Kabupaten Ketapang merupakan salah satu Kabupaten yng peduli terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungannya. Bentuk perhatian tersebut , tegasnya diwujudkan melalui keterlibatanya dalam program percepatan pembangunan saitasi pemukiman (PPSP), merupakan program nasional yang diluncurkan oleh Wakil Presidn RI pada 8 Desember 2009 dalam rangka mencapai target pembangunan sanitasi secara bertahap hingga tahun 2014. PPSP menargetkan 330 kota/kabupaten yang mempunyai masalah sanitasi seperti limbah persampahan dan drainase.
Dimana, pada akhir program, semua kabupaten/kota ini akan memiliki dokumen strategi sanitasi kabupaten (SSK) dan masuk ke tahap selanjutnya yaitu program memorandum (MP) dan pelaksanaan kegiatan. Untuk menyusun SSK, sebelumnya diperlukan penyusunan buku putih sanitasi (BPS) yang merupakan potret kondisi sanitasi Kabupaten yang disusun sendiri leh Pokja sanitasi kabupaten Ketapang yang telah terbentuk melalui SK Bupati no.554/2010. Buku putih sanitasi merupakan dokumen yang bersumber dari data empiris. Salah satu data empiris dapat diperoleh melalui studi EHRA yang merupakan studi resiko kesehatan lingkungan. Studi EHRA mempunyai lingkup studo tentang perilaku masyaakat dalam pola hidup sehat dan fasilitas sarana dan prasarana sanitasi dalam menunjang kehidupan sehari-hari.***

Penulis: Andy Candra, staf humas Setda Ketapang

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007