home news guestbook contact
Selasa, 19 Juni 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Wabup Harapkan JCH Doakan Ketapang Tetap Kondusif

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 17 October 2011, 5:34 pm


Sebanyak 244 jemaah calon haji ditambah 1 (satu) jemaah pindahan dari Kota Pontianak, besok (19/10) akan berangkat dari Ketapang menuju Kota Pontianak. Selanjutnya dari Pontianak menuju embarkasi Batam tanggal 20 Oktober menggunakan pesawat Lion Air. Wakil Bupati Ketapang, Boyman Harun SH didampingi Sekda ketapang, Drs H.Andi Djamiruddin M.Si mengharapkan para jemaah calon haji menjaga nama baik daerah dan bangsa sehingga kembalinya nanti menjadi haji yang mabrur.


“Disamping saya mohon agar setibanya dari tanah suci Mekkah untuk mendoakan agar Kabupaten Ketapang tetap dalam suasana kondusif, aman, damai dan sejahtera dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” kata Wakil Bupati Ketapang, Boyman Harun SH ketika pelepasan jemaah calon haji di pendopo Bupati Ketapang (17/10).
Menurut Wakil Bupati Ketapang, bahwa penyelenggaraan ibadah haji memerlukan manajemen yang baik agar tertib, aman dan lancar. Sedangkan pelayanan jmaah haji diupayakan melalui penyempurnaan sistem manajemen agar jemaah haji lebih siap dan mandiri dalam menunaikan ibadah haji sesuai tuntutan agama Islam sehingga diperoleh haji mabrur. Wakil Bupati mengingatkan kondisi di Arab Saudi sangatlah berbeda dengan di tanah air. Oleh karena itu disarankan untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya mulai dari sekarang dalam mengantisipasi kemungkinan yang dapat mengganggu kesehatan jemaah calon haji.
Keinginan masyarakat menunaikan ibadah haji setiap tahunnya semakin meningkat. Ini dapat dilihat dari jumlah jemaah calon haji yang terdaftar melebihi quota haji sehingga terpaksa berangkat pada tahun berikutnya. Kepada masyarakat yang telah menyetor biaya haji, namun tidak dapat berankat disebabkan keterbatan quotaa haji agar bersabar dan diberikaan kesehatan oleh Allah SWT. “semoga pada musim haji yang akan datang dapat menunaikan ibadah haji,” tegas Wakil Bupati Ketapang yang kemudian menyerahkan bantuan obat-obatan secara simbolis kepada dr Nurmalasari.
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama RI Kabupaten ketapang, M.Natsir M.Ag, mengharapkan agar para jemaah haji Kabupaten Ketapang menjaga kekompakan. Ia menyebutkan jemaah haji Kabupaten Ketapang berjumlah 244 orang ditambah 1 orang jemaah haji pindahan dari Kota Pontianak. Sehingga, total jemaah haji dari Ketapan berjumlah 245 orang. M.Natsir menjelaskan tentang kondisi di saudi Arabia selama menjalankan ibadah haji. Demikian juga kondisi ketika berbelanja menggunakan bahasa Arab, tata krama selama ibadah dan lain-lain. “Kuncinya sabar dan ikhlas, dan semoga menjadi haji yang mabrur,” kata M.Natsir.
Panitia pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji daerah (PPIHD) Kabupaten Ketapang, Drs H.Mad Noor Hamid menguraikan dasar Surat keputusan Bupati Ketapang nomor 388 tanggal 3 september 2011 tentang pembentukan panitia penyelenggaraan haji pemberangkatan dan pemulangan ibadah haji daerah (PPIHD) Kabupaten Ketapang musim haji 1432 H/2011 M.Dimana, maksud dan tujuan diselenggarakannya acara pelepasan ini untuk memperat tali silaturahmi antara calon jemaah haji dengan pemerintah dan masyaraat. Disamping untuk mendengarkan pesan-pesan dan arahan pemerintah selama menunaikan ibadah haji.
Diuraikan Drs H.Mad Noor Hamid bahwa jemaah calon hai Kabupaten Keapang tahun 1432 h/2011 M, berjumlah 244 orang. “Perlu saya sampaikan bahwa jemaah haji yang termuda berusia 28 tahun berasal dari Kecamatan Kendawangan atas nama Mariyati binti Dadim, sedangkan jemaah haji tertua berusia 94 tahun berasal dari Kecamatan Marau atas nama Seran bin Jaib,” kata Drs H.Mad Noor Hamid.
Kabag Kesra Setda Ketapang menjelaskan jemaah calon haji berangkat dari Kabupaten Ketapang ke Pontianak menggunakan pesawat Trigaa Air dengan lima kali penerbangan pada hari Rabu tanggal 19 oktober 2011, Penerbangan pertama pada pukul 07.00 WIB, berangkat dari pendopo rumah dinas Bupati Ketapang. Unuk penerbangan pertama diharapkan jemaah calon haji sudah berada di pendopo Bupati Ketapang pukul 05.30 WIB, dan panitia amempersiapkan bis untuk keberangkatan dari pendopo Bupati menuju Bandara Supadio Pontianak menuju asrama haji. Maka, pemerintah Kabupaten Ketapang telah menyediakan bis Damri dan truk. Sedangkan tas jemaah haji akan diangkut mempergunakan kapal expres. Angkutan bis jemaah haji jga dipersiapkan untuk pulanagnya nanti.
Jemaah calon haji Kabupaten Ketapang berangkat dari Pontianak menuju emberkasi Batam termasuk dalam kelompok terbangg (Kloter) 20 tergabung dengan Kabupaten Landak, Kabupaten Kayong Utara dan Kota pontianak. Berangkat dari Pontianak menuju embarkasi Batam tanggal 20 Oktober 2011 mempergunakan pesawat Lion Air. Sedangkan berangkat dari Hang Nadim Batam menuju Jeddah Arab Saudi tanggal 21 Oktober 2011 pada pukul 10.00 WIB. “Jemaah haji Kabupaten Ketapang Insya Allah akan kembali dan tiba di Ketapang pada tanggal 3 Desember 2011,,” kata H.Mad Norr Hamid . **


Jemaah Haji Ketapang Berdasarkan tingkat pendidikan:

SD/MI 129 orang
SLTP/MTs 28 orang.
SLTA/MA 57 orang.
Diploma II/III 13 orang.
Sarjana (S1) 18 orang.
Magister (S-2) 1 orang

Jemaah Haji Ketapang Berdasarkan pekerjaan:
PNS 47 orang
TNI/Polri 4 orang.
Rumah tangga 81 orang.
BUMN/BUMD; 2 orang.
Tani 21 orang.
Pensiunan: 5 orang.
Swasta 84 orang.
Sumber: PPIHD Kabupaten Ketapang


PENULIS: Andy Candra, staf Humas Setda Ketapang

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007