home news guestbook contact
Rabu, 26 September 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Warga Desa Serengkah Dapat Bantuan Bibit Karet Unggul

Pengirim : andy candra
Tanggal : 16 October 2011, 4:18 pm


Menyadap karet menjadi mata pencaharian masyarakat Desa Serengkah Kecamatan Tumbang Titi. Tumbuhan karet yang mereka sadap juga sudah berusia 20-30 tahun, bahkan ada yang berusia 60 tahun. Dalam mendorong kesejahteraan masyarakat, maka pemerintah daerah memberikan bantuan bibit karet unggul kepada masyarakat.


“Dalam satu kelompok beranggotakan 50 orang kepala keluarga, masing-masing satu kepala keluarga mendapat bantuan sekitar 500 pohon karet unggul,” kata warga Desa Serengkah, Kecamatan Tumbang Titi.
Selain bibit, pemerintah daerah juga membantu polibag, pupuk dan lain-lain. Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Ketapang, Lukas Laun membenarkan bantuan bibit unggul karet dari pemerintah daerah untuk masyarakat. Bantuan tersebut tujuannya untuk masyarakat melakukan peremajaan kebun. Selain peremajaan, warga yang mempunyai lahan yang cukup juga bisa memperluas kebunnya. Cara merawat bibit yang diberikan pemerintah juga disampaikan secara langsung oleh Lukas Lawun ketika mendampingi Bupati Ketapang, Drs Henrikus M.Si melakukan kunjungan kerja di Desa Serengkah, Sabtu (15/10). Bahkan, kepala Dinas Perkebunan Ketapang ini juga langsung melihat bibit unggul yang disalurkan kepada masyarakat. Ia memperagakan teknis pemeliharaan yang baik dan benar terhadap bibit yang disalurkan. Selain itu, Lukas Lawun juga meninjau kebun milik masyarakat, teknik penyadapa karet yang benar adalah sekitar 75 cm berada di permukaan tanah. Karet bisa menghasilkan pada usia 4-5 tahun.
Ia mengharapkan masyarakat yang sudah diberikan bibit bantuan oleh pemerintah daerah untuk memanfaat secara baik dan benar. Dimana, hasilnya nanti juga untuk kepentingan masyarakat. Cara memelihara kebun yang tepat sehingga hasil kebun karet maksimal juga disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Ketapang.***

Andy Candra, Humas Setda Ketapang



 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007